Thursday, 29/10/2020 | 11:19 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Sulit Cari Hand Sanitizer ? Ini Alternatifnya

Hand Sanitizer memang merupakan salah satu barang yang membantu kita menghindar dari tertular Virus Corona. Namun, ada alternatif lain di tengah-tengah kelangkaan barang tersebut.

Seiring dengan ditemukannya kasus pasien positif Corona di Indonesia, masyarakat langsung terkena ‘panic attack’. Mereka berbondong-bondong memburu beberapa hal yang dipercaya dapat mencegah diri dari tertular Virus COVID-19 tersebut.

Mulai dari masker, jahe merah, temulawak dan tentu saja Hand Sanitizer. Memang penggunaan Hand Sanitizer sangat diperlukan.

Mengingat, hampir setiap hari kita melakukan kontak fisik dengan seseorang, atau menyentuh fasilitas umum seperti gagang pintu rumah sakit, gagang pintu super market, dan sebagainya.

Hand Sanitizer disini bisa membunuh bakteri atau virus yang mencemari tangan setelah menyentuh fasilitas umum tersebut.

Karena jadi buruan utama Masyarakat di tengah-tengah merebaknya wabah Virus Corona ini, Hand Sanitizer juga menjadi barang langka. Pasalnya, permintaan pasar jauh lebih tinggi dari produksi barang tersebut.

Alhasil, harga Hand Sanitizer pun kini jadi meningkat jauh. Satu botol hand saintizer ukuran 85ml dijual hingga Rp35 ribu per botolnya. Padahal jika normalnya hand sainitizer ukuran tersebut dijual kurang lebih Rp10 ribu per botolnya.

Tapi, anda tidak perlu khawatir. Jika memang kehabisan stok Hand Sanitizer, atau merasa berat membelinya dengan harga semahal itu, anda bisa menggunakan alternatif lain, sebagaimana diungkapkan oleh dr. Dante S. Harbuwono, SpPD(K) Ph.D, KEMD.

Alternatifnya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun mandi. Tapi tentu saja ribet jika kemana-mana menenteng sabun mandi. Karenanya, bisa menggunakan modifikasi lain, dengan mencampur 70 Alkohol plus air ke dalam botol semprot.

“Selain ke kamar mandi cuci tangan menggunakan sabun, bisa gunakan modifikasi alkohol 70 persen disemprotkan ke tangan sambil cuci tangan manual,” kata dia.

Tapi, perlu diperhatikan juga ketika menyemprotkan alkohol ke tangan. Jangan sampai terhirup, karena justru bisa berbahaya bagi saluran pernafasan dan paru-paru kita.

“Hati-hati jangan sampai terhirup ketika disemprotkan. Berikan jarak ketika menyemprotkannya. Setelah basah, oleskan kedua tangan bersihkan area punggung tangan minimal 5x, kemudian kuku tangan, ibu jari, ujung jari,” jelas Dante.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *