Friday, 30/10/2020 | 7:34 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pandemi Corona, Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda Sampai Tahun Depan

Banyak Agenda Internasional yang pada akhirnya tertunda karena wabah Virus Corona yang semakin menggila. Terbaru, ada Olimpiade Tokyo 2020 yang dipastikan tertunda sampai tahun depan.

Sebagai informasi, Olimpiade adalah perhelatan akbar empat tahun sekali yang melibatkan banyak cabang olahraga. Mulai dari MotoGP, Voli, Basket, Renang, Bulu tangkis, Sepakbola dan lainnya.

Edisi tahun 2020 ini rencananya akan digelar di Kota Tokyo, Jepang dimulai pada 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. Namun, sedari munculnya wabah Corona ini, muncul banyak desakan agar Perhelatan akbar itu ditunda saja.

Terlebih, sudah ada banyak kasus positif COVID-19 yang ditemukan di Negeri Samurai Biru. Namun, awalnya Jepang yang menjadi tuan rumah perhelatan akbar tersebut pada awalnya bersikukuh untuk tetap menggelar Olimpiade 2020.

Lantas, setelah mendapat banyak desakan, akhirnya mereka sepakat untuk menunda Event Olahraga tersebut. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe sudah berbicara dengan Thomas Bach selaku President Olimpiade terkait dengan penangguhan ini.

“Saya mengajukan penangguhan sekitar setahun dan Presiden (IOC) Thomas Bach merespons dengan menyetujui 100 persen,” kata Abe, seperti dilansir BBC, Selasa (24/3/2020).

Jelas, alasan utamanya adalah keselamatan dari para atlet yang ikut serta dalam ajang nanti, begitu juga dengan para penonton yang hadir memadati setiap stadion cabang olahraga.

“Kami menyepakati penundaan adalah cara terbaik untuk memastikan atlet mencapai kondisi puncak ketika mereka bertanding dan untuk menjamin keselamatan para penonton,” ujar Abe, tentang alasan penundaan Olimpiade Tokyo 2020.

Perlu diketahui, bahwa sebelumnya berbagai event olahraga, mulai sepak bola, bulutangkis, MotoGP, Formula 1, tenis, basket, voli, hingga tinju yang juga harus tertunda akibat wabah ini. MotoGP misalnya, empat seri pertama mereka resmi ditunda dan rencananya baru akan bergulir pada 1 Mei 2020.

Bahkan, bisa saja jadwal tersebut dimundurkan lagi karena tidak ada jaminan situasinya akan mereda pada Bulan Mei mendatang.

Hal serupa juga berlaku pada sepakbola. Perhelatan akbar empat tahun sekali, Piala Eropa atau Euro 2020 juga dipastikan tertunda sampai tahun 2021 mendatang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *