Saturday, 31/10/2020 | 3:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Lama Virus Corona Bertahan di Berbagai Permukaan Benda

Virus Corona atau COVID-19 kini jadi pandemi di hampir seluruh belahan dunia. Wabah yang berasal dari kota Wuhan, China ini sudah menginfeksi lebih dari 500 Ribu orang dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Bukan tanpa alasan, pasalnya Vaksin untuk wabah yang satu ini belum ditemukan juga sampai sekarang. Sedangkan di satu sisi, Virus ini bisa menyebar lewat sentuhan langsung maupun tidak langsung dengan orang yang sudah terjangkit.

Sentuhan tidak langsung yang dimaksud adalah ketika pasien positif menyentuh sebuah barang, maka virus akan tertinggal di barang tersebut dan bisa menginfeksi kita jika kita menyentuhnya. Yang jadi pertanyaan, berapa lama Virus Corona bisa bertahan Hidup di permukaan sebuah benda ?

Berbeda benda, berbeda juga durasinya. Berikut untuk lebih detail tentang ketahanan Virus Corona di permukaan benda tertentu.

Kaca

Virus corona SARS-CoV-2 ternyata juga bisa bertahan pada permukaan licin seperti kaca. Virus tersebut bisa hidup lama di kaca selama kurang lebih lima hari. Maka dari itu perlu sering-sering membersihkan benda-benda yang terbuat dari kaca dengan desinfektan.

Plastik dan Baja

Sedangkan pada plastik atau baja, Virus ini bisa bertahan cukup lama, yakni selama 72 jam atau sekitar 2-3 hari. Karenanya, lebih baik untuk rutin mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun jika kita sering memegang barang-barang yang terbuat dari plastik dan baja.

Tembaga

Melansir dari New York Times dan USAToday, virus corona SARS-CoV-2 yang menempel pada tembaga tidak akan bertaha lama seperti pada baja atau besi. Virus covid ini hanya akan bertahan di permukaan tembaga selama kurang lebih empat jam.

Kertas

The New York Times melansir bahwa Virus Corona ini bisa bertahan selama 24 jam pada permukaan kertas, termasuk Kardus. Durasinya terbilang singkat, tapi kita harus tetap berhati-hati. Sempatkan diri untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Kayu

Kayu adalah salah satu barang yang sering dipegang orang-orang, seperti pintu misalnya. Sejauh ini belum ada informasi berapa lama Virus Corona bisa menempel di kayu, tapi kemungkinan besar durasinya sama seperti saat menempel di kertas.

Sarung Tangan

Bagi Anda yang memakai sarung tangan, sebisa mungkin untuk selalu mencucinya setelah memakai karena virus juga bisa bertahan cukup lama pada sarung tangan. Virus Corona SARS-CoV-2 bisa tetap hidup di sarung tangan hingga 8 jam.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *