Saturday, 31/10/2020 | 3:49 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ditundanya MotoGP Hanya Untungkan Marquez, Bukan Honda

Alberto Puig selaku manajer Tim Repsol Honda menolak anggapan bahwa pihaknya telah diuntungkan seiring dengan penundaan kampanye musim 2020 ini. Menurutnya, yang diuntungkan dari pemunduran jadwal balap ini hanya rider mereka, Marc Marquez.

Sebagaimana diketahui, MotoGP musim ini memang mengalami penundaan karena Wabah Corona yang terus menjadi-jadi. Lima seri awal dipastikan mundur dari jadwal seharusnya, bahkan Jerez yang rencananya jadi race pertama harus tertunda juga.

Penundaan ini mungki merugikan bagi semua pihak. Namun, ada yang beranggapan bahwa justru penundaan ini menguntungkan bagi beberapa pihak, seperti misalnya Tim Repsol Honda.

Pasalnya, mereka memiliki waktu untuk menyempurnakan tunggangan Marc Marquez yang tampak memble di dua ujicoba pra musim Februari lalu.

Akan tetapi, Alberto Puig tak sepakat dengan anggapan tersebut. Menurutnya, hanya Marc Marquez satu-satunya orang yang diuntungkan dengan penundaan jadwal ini. Hal tersebut karena cedera dislokasi bahu yang dialami sang juara bertahan sejak September lalu.

“Kami justru pihak pertama yang menunjukkan apa yang kami punya di Qatar, berkebalikan dengan asumsi banyak orang. Pabrikan lain belum menunjukkannya, jadi bagaimana bisa kami ambil untung dari itu?”

“Kenyataannya, Marc mungkin memang bahkan belum sampai 60% pulih saat uji coba lalu, dan mungkin penundaan ini bisa membantunya. Tapi tak seorang pun menginginkan kekacauan (pandemi Covid-19) ini, dan kami ingin memulai musim seperti biasa,” ujarnya kepada EFE seperti yang dilansir Crash.net.

Lebih lanjut, Puig menegaskan bahwa Honda sama sekali tak punya rencana untuk mengubah tunggangan Marc Marquez mengingat perubahan seperti pergantian mesin memerlukan waktu yang sangat lama.

“Honda tak punya niatan memodifikasi apa pun, karena pertama, mesin tidak dirakit dalam lima menit. Siapa pun yang bilang penundaan MotoGP memberi waktu untuk Honda membuat mesin lain, tak memahami situasi yang sebenarnya,” lanjut eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

Adapun, seri pertama di Qatar batal digelar, sedangkan seri kedua di Thailand, seri ketiga di Texas, dan Seri ke empat di Argentina diundur sampai Oktober 2020 mendatang. Awalnya, Seri pertama musim ini baru digelar pada awal Mei di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Sayangnya, pandemi Corona yang terus menjadi-jadi membuat Seri tersebut diundur juga.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *