Sunday, 1/11/2020 | 1:04 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Sedang Diteliti Jadi Obat Corona, Begini Sejarah Klorokuin

Vaksin Virus Corona sejauh ini memang belum ditemukan, tapi ada puluhan vaksin yang sedang diujicoba oleh WHO. Di satu sisi, juga ada beberapa jenis obat yang sedang diujicoba untuk mengobati pasien Corona, termasuk salah satunya Klorokuin.

Sebenarnya, Obat Klorokuin ini mulai ramai dibicarakan masyarakat Indonesia sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan pembelian Obat tersebut dari China untuk mengobati pasien Corona. Pasalnya, obat tersebut terbilang efektif di Negeri Tirai Bambu.

Perlu diketahui, Klorokuin merupakan salah satu senyawa yang kini diteliti untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19.

Pemberiannya tidak bisa sembarangan dan bukan untuk dikonsumsi masyarakat biasa yang tidak terjangkit Virus ini, karena obat tersebut memberikan efek samping yang cukup berbahaya.

Meski sedang diteliti dan diujicoba untuk mengobati Pasien Corona, tapi faktanya senyawa sudah ada sejak lama dan dikenal sebagai obat untuk parasit malaria. Dijelaskan oleh Prof Muchtaridi bahwa Klorokuin adalah pengembangan dari senyawa kinin sulfat.

Lantas, berasal dari mana senyawa Kinin Sulfat tersebut? Berasal dari ekstrak batang pohon kita, yang sudah dibudidayakan sejak abad ke-18. Akan tetapi, Perlahan penggunaan kinin ditinggalkan karena parasit malaria membangun resistensi terhadapnya dan memiliki toksisitas tinggi.

“Sejarahnya kinin sulfat dulu abad 18 yang dipakai. Tahun 1934, Bayer dari Jerman mencari alternatif baru namanya klorokui. Senyawa ini lebih polar dan lebih tidak toksik,” kata Prof Muchtaridi.

Lantas, apakah Klorokuin ini adalah pembasmi Virus bagi pasien yang telah terjangkit? Jawabannya tentu tidak. Dikatakan Prof Muchtaridi bahwa klorokuin hanya bertugas untuk meringankan gejala akut yang dialami pasien, seperti radang paru-paru dan gangguan pernafasan.

“Bukan sebagai antivirus, tapi sebagai antiradang paru atau pneumonia,” pungkas Prof Muchtaridi.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Indonesia memang telah mengumumkan bahwa mereka memesan Obat Klorokuin sebanyak 5000 Unit dari China. Di Negeri Tirai Bambu obat ini terbukti bisa menyembuhkan ribuan pasien di berbagai rumah sakit.

Tak heran jika pemerintah kemudian memesan obat ini untuk menekan angka kematian akibat COVID-19.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *