Wednesday, 21/10/2020 | 1:58 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

MotoGP Tatap Serius Rencana Lanjutkan Kompetisi Tanpa Penonton

Pandemi Virus Corona benar-benar melumpuhkan banyak agenda Internasional, termasuk diantaranya balap Motor, MotoGP yang enam seri pertamanya musim ini harus ditunda.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti kapan MotoGP akan bergulir, meski demikian CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengaku pihaknya bertekad menggelar balapan tanpa penonton.

Dalam wawancara terbarunya belum lama ini, Ezpeleta mengaku akan terus menggodok wacana tersebut dan bagaimana seharusnya protokolnya berjalan.

Meski tanpa penonton, MotoGP sebenarnya tetap melibatkan banyak orang, mereka yang berada di paddock maupun stand by di sirkuit. Demi mendapat izin dari pemerintah dan otoritas kesehatan negara penyelenggara, pihak Dorna Sports akan berusaha menekan angka orang yang hadir nanti.

Bahkan, sepekan yang lalu IRTA diklaim telah mengirimkan surat kepada pihak MotoGP, Moto2 dan Moto3 terkait dengan berapa jumlah orang yang memang harus tetap berada di sirkuit maupun paddock selama balapan berlangsung.

“Kami tengah mempersiapkan protokol bersama pihak-pihak otoritas yang relevan, contohnya Dewan Olahraga di Spanyol dan Komite Olimpiade Italia, ditambah laboratorium-laboratorium berbeda, yang bisa mengendalikan seluruh isi paddock Grand Prix,” ujar Ezpeleta.

Kasarnya, ada 1000 orang paling minim yang harus hadir dalam sirkuit dan paddock selama balapan berlangsung. Namun, akan ada penekanan lebih sedikit lagi agar tetap mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

“Dalam skenario yang saat ini telah kami pertimbangkan, bisa jadi akan ada balapan-balapan tanpa penonton, dengan jumlah personel sesedikit mungkin di sirkuit, baik dari tim maupun penyelenggara,” ungkap Ezpeleta.

Lebih lanjut, Ezpeleta menjelaskan bahwa pihaknya akan berusaha menyediakan setidaknya 10 Ribu alat tes COVID-19, dimana semua orang yang terlibat wajib melakukan tes dua kali dalam sehari.

“Kami telah berdiskusi dengan perusahaan yang dimiliki Bridgepoint (juga induk perusahaan Dorna) soal kemungkinan menyediakan 10.000 test virus corona, untuk melakukan tes kepada seluruh anggota keluarga MotoGP pada awal dan akhir tiap hari,” pungkasnya.

MotoGP musim ini sebenarnya sudah melakukan ujicoba pra musim di Malaysia dan Qatar, tepatnya sebelum pandemi Corona membuat segala agenda yang ada akhirnya ditunda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *