Wednesday, 21/10/2020 | 1:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Dorna Cari Sirkuit Untuk Gelar Balapan Tanpa Penonton

MotoGP menatap serius kemungkinan untuk menggulirkan kembali kompetisi musim 2020 ini yang tertunda karena pandemi corona. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta menjelaskan bahwa kini pihaknya sedang mencari sirkuit yang bersedia menggelar balapan tanpa penonton.

Sebanyak 7 seri pertama MotoGP musim 2020 memang telah ditunda menyusul wabah Virus Corona. Tentu saja ini sangat disayangkan, terutama bagi para rider yang sudah siap secara fisik dan mental.

Namun, fakta bahwa belum ada vaksin yang ditemukan sejauh ini membuat balapan tak bisa berlanjut. Karenanya, Ezpeleta menilai bahwa solusi paling mungkin saat ini adalah menggelar balapan tanpa kehadiran penonton.

“Skenario paling memungkinkan adalah tanpa penonton, karena kami tak yakin bakal bisa, kecuali ada vaksin atau apa pun yang memungkinkan. Sangat sulit balapan dengan penonton. Kini, kami tengah mempertimbangkan sirkuit mana yang mau menggelar balapan tanpa penonton,” ujarnya.

Tak hanya motoGP, tapi Dorna Sports juga berencana menggelar Moto2 dan Moto3 secara bersamaan. Hanya saja, pihaknya sedang bekerja sama dengan IRTA untuk menekan jumlah kru dan paddock yang bisa hadir selama balapan berlangsung nanti.

“Kami ingin menggelar tiga kelas balap, juga MotoE. Kami bekerja dengan IRTA dan tim mencari jumlah maksimal kru di paddock.” ungkapnya.

Yang terpenting menurutnya adalah balapan kembali berlanjut.

“Kami rasa akan ada 1.300 orang, yang akan dikendalikan dan menjalani tes jika memungkinkan. Yang penting adalah menjalani balapan dan menayangkannya di televisi,”

Lebih lanjut, Ezpeleta sadar bahwa Dorna Sports tidak memiliki wewenang untuk menggelar MotoGP di negara-negara yang memiliki sirkuit memadai. Karenanya, dia siap terus terhubung dengan pemerintah setempat termasuk menteri olahraga, soal kemungkinan ini.

“Jadi kami tak bisa ambil keputusan soal kapan batas negara dibuka. Kami berkomunikasi dengan semua menteri olahraga di semua negara yang kami kunjungi dan kami memikirkan semua kemungkinan,” pungkas Ezpeleta.

Sebenarnya, MotoGP musim ini sempat menggulirkan dua ujicoba pra musim yang masing-masing berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Losail, Qatar pada bulan Februari lalu.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *