Saturday, 31/10/2020 | 4:55 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Honda Harusnya Tak Biarkan Lorenzo Gabung Yamaha

Livio Suppo memang sudah tidak lagi bekerja dengan Team Repsol Honda, namun dia mengaku heran dengan kebijakan pabrikan asal Jepang tersebut.

Hal ini tak lain mengenai kepindahan mantan rider mereka, Jorge Lorenzo yang menyebrang ke pabrikan rival, Yamaha di musim 2020 ini. Kendati hanya bekerja sebagai test rider, tapi Suppo menilai harusnya Honda tidak membiarkan hal tersebut terjadi.

Pebalap asal Spanyol tersebut memang menyudahi kontraknya dengan Honda lebih awal dan pensiun di akhir tahun 2019 kemarin. Keputusannya itu berkaitan dengan cedera punggung yang dialami.

Usai pensiun, Lorenzo tetap bekarir di MotoGP dengan menerima tawaran sebagai test rider Yamaha pada Januari lalu, hanya 2,5 bulan setelah pengumumannya gantung helm.

Honda sendiri tampak tenang-tenang saja dengan keputusan yang diambil Lorenzo, dimana ini membuat banyak pihak keheranan.

Pasalnya, Lorenzo bisa langsung membocorkan segala rahasia teknis Honda kepada pabrikan tetanngga. Bahkan, ada juga yang curiga bahwa Lorenzo sengaja pensiun dari sirkuit balap sementara waktu, agar bisa bergabung kembali dengan tim Garpu Tala.

Suppo sendiri mempertanyakan ketegasan Alberto Puig selaku manajer tim Honda. Andai berada diposisinya, Suppo akan menyelipkan klausul larangan bergabung dengan pabrikan lain dalam kontrak Lorenzo.

“Situasinya rumit, tapi saya jelas akan memberikan klausul,” ujar Suppo.

Lebih lanjut, Suppo mengaku tidak habis pikir tentang alasan Honda enggan memberikan klausul tersebut dalam kontrak Lorenzo.

“Entah apa kontrak antara Honda dan Jorge diakhiri tanpa bayar kompensasi untuk 2020. Entah apa mereka hanya membayar sebagian atau justru tidak sama sekali dari rencana awal.”

“Tapi aneh melihat tim membiarkan rider, yang telah memutuskan pensiun, melakukannya. Saya rasa harusnya ini dihindari,” ungkapnya.

Menariknya, kasus Jorge Lorenzo bukan pertama kali dilakukan Honda. Sebelum Lorenzo, Dani Pedrosa, dimana setelah pensiun, pebalap asal Spanyol menerima pinangan dari KTA untuk menjadi test rider sejak 2019 lalu.

Padahal benar yang dikatakan suppo, bukan tidak mungkin seorang mantan pebalap membocorkan rahasia bekas timnya ke pabrikan tempat mereka bekerja sekarang. Apalagi, Lorenzo sendiri berencana dijadikan Rider Wildcard Yamaha di salah satu seri musim ini.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *