Thursday, 22/10/2020 | 5:53 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Stoner adalah Rider Terbaik Yang Pernah Dimiliki Ducati

Casey Stoner baru-baru ini mendapatkan sanjungan dari CEO Ducati, Claudio Domenicali. Menurutnya, Rider asal Australia tersebut adalah pebalap terbaik yang pernah dimiliki Ducati. Pasalnya, hanya dia yang bisa mengantarkan pabrikan asal Italia menjadi juara dunia.

Ducati team test rider Casey Stoner of Australia zips his racing suit before the second day of 2016 MotoGP pre-season test at the Sepang International circuit on February 2, 2016. AFP PHOTO / MOHD RASFAN / AFP PHOTO / MOHD RASFAN

Sebagai informasi, Casey Stoner memang pernah membela Ducati, tepatnya di tahun 2007 silam. Mengendarai Desmosedici GP7, rider Australia itu langsung sukses mengoleksi 14 podium, dengan rincian 10 kali kemenangan diraih.

Setelah keberhasilan tersebut, Stoner tetap membela pabrikan asal Italia dua tahun kemudian. Selama periode tiga tahun membela Ducati, dia tetap tampil garang. Akhirnya di tahun 2011, pria berusia 34 tahun tersebut hengkang ke tim Repsol Honda.

Menurut informasi yang terdengar saat itu, motif kepindahan Stoner adalah karena cekcok dengan para petinggi Ducati yang enggan mendengar pendapatnya mengenai pengembangan motor.

Di samping itu, Stoner juga diyakini merasa kesal dengan sikap Ducati yang memberikan kontrak bernilai jauh lebih tinggi kepada Jorge Lorenzo di tahun 2010.

Kendati meninggalkan kesan yang terbilang buruk, Stoner tetap memutuskan kembali ke Ducati dengan menjadi test rider antara taun 2016 sampai 2018.

Dia sempat melakoni beberapa ujicoba sebagai rider wildcard dan berhasil lebih cepat dibandingkan rider-rider lain. Hal inilah yang membuat Domenicalli merasa terkesan.

“Casey adalah pebalap terkuat yang pernah dimiliki Ducati. ia punya insting natural dalam menemukan limit performa. Nyatanya, ia masih sangat cepat, bahkan saat ia sudah berhenti balapan. Ini bukan kebetulan, melainkan talenta alami,” ujarnya kepada La Gazzetta dello Sport.

Bahkan dalam pandangannya, kehebatan seorang Casey Stoner masih tiada tara sampai saat ini, dalam sejarah Ducati.

“Tentu ada pebalap hebat lainnya, juga di WorldSBK. Bayliss sangatlah kuat dan sangat berambisi. Tapi Casey mampu menggerakkan semuanya menuju limit dengan mudah. Ia punya koneksi luar biasa pada motor. Karakternya tentu rumit, tak pernah puas pada dirinya sendiri. Tapi ia adalah juara fenomenal,” tutupnya.

Stoner kini memang sudah tidak aktif lagi, dia memutuskan pensiun sejak tahun 2015 lalu. Namun sempat menjadi test rider Ducati setelah gantung helm.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *