Friday, 23/10/2020 | 6:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Alasan Yamaha Enggan Naungi Rossi Lagi

Valentino Rossi dipastikan tak lagi jadi bagian dari Team Monster Energy Yamaha musim depan. Pabrikan asal Jepang tersebut menjelaskan alasan dibalik keputusan mereka tidak menaungi The Doctor lagi.

Salah seorang narasumber Yamaha menjelaskan bahwa alasannya adalah karena Fabio Quartararo. Pebalap asal Prancis tersebut menunjukkan bakat yang luar biasa di usia 21 tahun, dan Pabrikan asal Jepang tak ingin kehilangannya.

Sebelumnya, Quartararo memang membela Tim Yamaha Petronas SRT dan tampil garang musim 2019 kemarin. Pada musim tersebut, Quartararo sukses meraih 7 podium dan 6 pole, serta duduk di peringkat 5.

Sosok berusia 21 tahun tersebut lantas dimintai sejumlah pabrikan MotoGP untuk dijadikan andalan pada musim 2021 mendatang.

Ducati merupakan salah satu pabrikan yang terang-terangan mengaku bahwa El Diablo adalah rider yang menaik. Nah, melihat adanya ketertarikan dari para rivalnya, Yamaha lantas bergerak cepat, mengajukan tawaran kontrak baru kepada Quartararo.

Pabrikan asal Jepang lantas sepakat untuk menjadikan Quartararo sebagai tandem Maverick Vinales pada kampanye musim 2021 mendatang. Artinya, Rider berusia 21 tahun akan menggantikan posisi Valentino Rossi.

Melepas seorang juara dunia seperti Valentino Rossi bukan keputusan yang mudah bagi Yamaha, akan tetapi mereka juga benar-benar tak bisa kehilangan Quartararo.

“Risiko kehilangan Fabio terlalu besar, jadi semua faktor yang ada mensugesti Vale harus pergi. Sampai sekarang, sungguh tak masuk akal jika kami bekerja tanpa Fabio, karena tak ada alternatif lain yang bisa memberi kami jaminan yang jelas,” ujar narasumber tersebut.

Yamaha memang langsung melayangkan kontrak baru kepada Quartararo sebelum kampanye musim 2020 ini bergulir. Kesepakatan pra kontrak yang terdengar aneh dan tidak biasa, namun hal tersebut dilakukan agar rider asal Prancis tak berpaling ke lain hati.

“Menggaet Fabio lebih dulu memang bakal jadi tindakan bodoh, tapi jika Fabio pergi, maka ia akan tampil baik di pabrikan lain dan situasinya bakal rumit untuk Yamaha,” tandas sang nara sumber yang enggan disebutkan identitasnya tersebut.

Rossi sendiri belum mengambil keputusan tentang masa depannya. Dia bisa saja pensiun, tapi jika berlanjut maka The Doctor akan membela Tim Petronas Yamaha SRT.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *