Wednesday, 21/10/2020 | 2:07 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Setelah Olahraga, Mana Lebih Baik Mandi Air Dingin atau Hangat?

Setelah berolahraga, tubuh akan lebih lengket dari biasanya karena keringat yang mengucur. Karena itu, mandi adalah aktivitas yang paling tepat dilakukan selepas berolahraga. Tapi yang sering jadi pertanyaan adalah, lebih baik mana mandi air hangat atau air dingin setelah berolahraga?

Dr Kristin Mayners, spesialis terapi fisik di California, Amerika Serikat coba memberikan jawaban. Dia menegaskan bahwa orang-orang boleh memilih salah satu dari kedua metode tersebut. Dengan kata lain, tak masalah jika mereka memilih mandi dengan air dingin atau air hangat.

Dikutip dari Popsugar, Dr Kristin Maynes spesialis terapi fisik di California, mengatakan tidak ada masalah mandi menggunakan air dingin ataupun air panas.

“Kita semua harus ingat bahwa tubuh setiap orang berbeda dan dapat bereaksi terhadap terapi tertentu secara berbeda,” ucap Dr Maynes.

Artinya, Mandi Air Dingin atau Mandi Air Hangat setelah berolahraga masing-masing memiliki manfaat yang berbeda. Nah, berikut kami jabarkan manfaatnya.

1. Mandi Air dingin

Saat anda memilih mandi air dingin selepas berolahraga ternyata bisa membantu mengurangi peradangan otot dan sendi. Selain itu mandi dengan air dingin dapat memperlancar aliran darah, menguatkan otot dan persendian.

Dengan kata lain, mandi air dingin setelah berolahraga bisa mengurangi rasa nyeri karena cedera selama beraktivitas. Bahkan, mandi air dingin terbukti lebih efektif menghilangkan nyeri otot pasca berolahraga dan bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Air hangat

Tapi, mandi air hangat selepas berolahraga juga tidak kalah bermanfaat. Cara ini bisa meningkatkan produktivitas hormon kita, membuat otot dan sendi jadi lebih rileks dan mengurangi rasa stres.

“Akan meningkatkan pemulihan otot dan persendian untuk menghilangkan semua penumpukan sel-sel inflamasi (peradangan), sel-sel mati, penumpukan jaringan parut, dan untuk meningkatkan kesehatan tulang,” kata Maynes.

Oleh karena itu, Mandi Air Hangat ataupun dingin selepas berolahraga sama-sama bagus dan tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Usahakan untuk membersihkan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki agar bakteri yang menempel di tubuh selama berolahraga bisa hilang sepenuhnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *